Pengembangan media penjualan online dengan menggunakan cms prestashop untuk pembuatan website toko online beruang house di kota malang

Aziz Ridwan Sugianto, 1442620143 (2018) Pengembangan media penjualan online dengan menggunakan cms prestashop untuk pembuatan website toko online beruang house di kota malang. Sarjana Terapan thesis, POLITEKNIK NEGERI MALANG.

[img] Text
1442620143_full_text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
1442620143_open_acces.pdf

Download (1MB)

Abstract

Beruang House Malang merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan boneka khususnya boneka beruang custom. Dalam menjalankan usahanya Beruang House Malang masih menggunakan sistem penjualan secara konvensional melalui penjualan langsung di berbagai event seperti wisuda dan Car Free Day di Malang. Selain melalui penjualan langsung, penjualan online juga dilakukan melalui Instagram dan Facebook. Namun hal tersebut dirasa masih kurang maksimal karena customer harus datang langsung untuk membeli dan informasi yang tersedia di media sosial juga masih kurang lengkap. Maka penelitian ini bertujuan untuk membantu Beruang House Malang membuat media penjualan online berupa website, untuk memudahkan proses jual-beli. Penelitian ini merupakan action research dengan menggunakan CMS Prestashop versi 1.7.2.4 sebagai aplikasi pembuat website. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 10 (sepuluh) responden yang terdiri dari 2 (dua) orang ahli website, 2 (dua) orang ahli pemasaran, 1 (satu) orang pemilik Beruang House Malang, dan 5 (lima) orang calon pengguna/konsumen. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website penjualan Beruang House Malang dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung menggunakan EPIC Rate yang menunjukkan skor rataan dimensi emphaty sebesar 3,8; dimensi persuation 3,9; dimensi impact 4,05; dan dimensi communication 4,15. Sehingga didapati skor rataan 3,98, di mana hasil tersebut menunjukkan bahwa website Beruang House Malang sudah efektif dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa website penjualan Beruang House Malang dapat digunakan sebagai pengembangan media penjualan, karena memiliki kualitas kemudahan dalam penggunaan, kemudahan dalam penyediaan informasi dan interaksi pada website sehingga menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli produk Beruang House Malang. Kata Kunci : Website; Media Penjualan Online; Beruang House Malang

Nomor Panggil

658.872 SUG C1

Nomor Register

107/DIV-MP/2018

Creators: Aziz Ridwan Sugianto, 1442620143
Contributors: Dra. Umi Khabibah, M.AB,, 196701301994032003 and Rr. Tri Istining Wardani, Dra., MIB., MBA,
Item Type: Thesis (Sarjana Terapan)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Website; Media Penjualan Online; Beruang House Malang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D-IV Sarjana Terapan (AN) > Manajemen Pemasaran (MP)
Depositing User: Mr. Robbi Rakhmawan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:47
Last Modified: 11 Mar 2020 01:47
URI: http://repository.polinema.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item