Desain sistem penjualan online dengan aplikasi cms prestashop untuk meningkatkan pelayanan konsumen pada kenshop batu

Wirawan Mohamad Al Salam, 1442620058 (2018) Desain sistem penjualan online dengan aplikasi cms prestashop untuk meningkatkan pelayanan konsumen pada kenshop batu. Sarjana Terapan thesis, POLITEKNIK NEGERI MALANG.

[img] Text
1442620058_full_text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
1442620058_open_acces.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kenshop Batu merupakan usaha yang bergerak dibidang fashion khususnya untuk wanita. Dalam menjalankan usaha Kenshop Batu masih menggunakan sistem penjualan cash on delivery (COD) melalui penjualan instagram dan whatsapp. Namun hal tersebut dirasa masih kurang maksimal karena customer harus datang langsung untuk membeli dan informasi yang tersedia di media sosial juga masih kurang lengkap, sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab dari kurang maksimalnya tingkat pelayanan penjualan. Maka penelitian ini bertujuan untuk membantu Kenshop Batu membuat media penjualan online berupa website e-commerce, untuk memudahkan proses jual-beli dan memperluas jangkauan pasar sehingga meningkatkan pelayanan penjualan. Metode yang digunakan adalah metode Action Research yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, interview, dan dokumentasi. Desain kemasan produk yang sudah selesai kemudian dievaluasi dengan menyebarkan kuesioner kepada 2 orang ahli komputer, 2 orang ahli pemasaran, 1 pemilik, dan 4 konsumen. Pengukuran efektifitas pengembangan desain diukur dengan metode WebQual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website e-commerce Kenshop Batu dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung menggunakan WebQual yang menunjukkan skor rataan dimensi usability sebesar 4,7; dimensi information quality 3,9; dan dimensi service interaction quality 4,05;. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa website e-commerce Kenshop Batu sudah efektif dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa website Kenshop Batu dapat digunakan sebagai pengembangan pelayanan dan media penjualan online, karena memiliki kualitas kemudahan dalam penggunaan, kemudahan dalam penyediaan informasi dan interaksi pada website sehingga menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli Kenshop Batu. Kata kunci : sistem penjualan online, pelayanan, website, E-commerce, Kenshop Batu.

Nomor Panggil

658.872 ALS C1

Nomor Register

008/DIV-MP/2018

Creators: Wirawan Mohamad Al Salam, 1442620058
Contributors: Dra. Dwi Sudjanarti, M. AB.,, 196501171990032002 and Dra Umi khabibah, MAB.,
Item Type: Thesis (Sarjana Terapan)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sistem penjualan online, pelayanan, website, E-commerce, Kenshop Batu.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D-IV Sarjana Terapan (AN) > Manajemen Pemasaran (MP)
Depositing User: Mr. Robbi Rakhmawan
Date Deposited: 09 Mar 2020 01:38
Last Modified: 09 Mar 2020 01:38
URI: http://repository.polinema.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item